17 Oktober 2009

Memilih Furniture? Jangan asal….


Sebagai orang yang tinggal di wilayah negara dengan letak geografis seperti Indonesia ini, tentunya kita harus sadar bahwasanya hal tersebut akan membawa konsekuensi terhadap kehidupan kita, utamanya masalah keamanan dari serangkaian bencana alam.
Khususnya bencana gempa bumi yang akhir-akhir ini melanda saudara-saudara kita di pulau sumatera, dan tentu kita semua turut prihatin atas musibah tersebut.
Untuk jenis bencana yang satu ini, kita tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dengan jumlah yang banyak, karena sampai saat ini, belum ada satu alatpun yang dapat memprediksi kapan, dimana, dan seberapa besar kekuatan gempa yang akan terjadi. Belum ada alat dan entah sampai kapan…..
Namun, kita dapat mengurangi dampak gempa bumi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan pemilihan perabot atau furniture yang tepat dan aman dari bencana, khususnya gempa bumi.
Berikut ini kami berikan beberapa tips dalam memilih furniture yang relatif aman dari gempa bumi, antara lain :
1. Pilihlah furniture yang dibuat dari bahan yang keras, seperti kayu jati, mahoni,dll., karena lebih kokoh dan kuat saat terkena goyangan gempa.

2. Selain bahan, perlu diperhatikan bentuk maupun modelnya, hindari memilih furniture yang asimetris, karena akan mudah sekali roboh, maka dari itu pilihlah model furniture yang simetris ( bagian atas-bawah atau kiri-kanannya sama besar ).

3. Jangan menaruh barang-barang yang berat di rak atau bagian atas dari furniture, agar lebih memperkuat furniture saat gempa, sebaiknya barang-barang berat ditaruh di rak paling bawah.

4. Untuk almari pakaian, cabinet buku, kitchen set atas, dan furniture menempel dinding lainnya, mintalah untuk di-fischer dengan tembok, sehingga kalaupun ada gempa, furniture tersebut tidak akan jatuh menimpa kita.
Demikian masukan dari kami, semoga bermanfaat………

1 komentar:

  1. Wah.....bagus banget mas informasinya, makasih ya.....

    BalasHapus